Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

PENEBARAN BENIH IKAN SEBAGAI BENTUK PEMANFAATAN DANAU/ SITU TADAH HUJAN : Mendorong Ketahanan Pangan

PENEBARAN BENIH IKAN SEBAGAI BENTUK PEMANFAATAN DANAU/ SITU TADAH HUJAN : Mendorong Ketahanan Pangan

Alhamdulillah pada hari ini, hari kamis tanggal 16 November 2023 telah dilaksanakan penebaran benih ikan dari Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan dan Dinas terkait lainnya melalui Desa untuk dimaanfaatkan oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui di Desa Sumbersari terdapat situ/ danau yang menjadi sumber pengairan bagi saluran irigasi menuju ladang/ persawahan warga, Situ ini berbatasan langsung dengan desa Wanasari.

Dulunya situ ini memiliki luas kurang lebih 4 hektare, namun pada saat ini hanya memiliki luas sekitar 2 hektar saja, dikarnakan pendangkalan tanah dibeberapa bagian yang kemudian  digunakan oleh warga untuk dijadikan lahan persawahan.

Bila musim kemarau parah Situ ini sering memiliki kekeringan dikatnakan pendangkalan tanah, yang menyebabkan tanah Situ ini ditumbuhi rerumputan, Namun jika datang kembali musim penghujan Situ ini menjadi sumber Tadah hujan/ penampung air hujan.

Pada saat ini seperti yang kita tahu bahwa sudah memasuki musim penghujan kembali, sehingga dirasa aman jika kembali di Tebar Bibit/ Benih ikan.

Antusiasme warga dengan adanya program penebaran ini sangat baik, mengingat sudah menjadi tradisi adanya pemanfaatan sumber daya yang ada didalamnya, dalam beberapa bulan kedepan diharapkan agar tidak terlebih dahulu melakukan aktivitas seperti Memancing/ Menjala/ lainnya yang berpotensi mengganggu pertumbuhan benih ikan, sampai pada saatnya nanti ikan² sudah berkembang biak dan tumbuh besar, agar keberlangsungan pemanfaatannya terus berkelanjutan.

Terimakasih, Dinas Perikanan, Perternakan, Perairan, Ketahanan Pangan dan Instansi lain yang memiliki peran dalam suksesnya kegiatan ini, semoga menjadi manfaat bagi masyarakat, khususnya warga masyarakat Desa Sumbersari.

Penulis  : Rizki Fadilah

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler